Selasa, 14 September 2010

Bosen Pesbuk dan Twitter? Coba yang ini... produk lokal 100% asli Indonesia


Siapa yang tak kenal facebook. Situs jejaring yang satu ini memang telah mendunia. Banyak orang menggunakan situs ini untuk mencari teman, jaringan, bahkan jodoh.
Facebook telah menjadi suatu bagian tak terpisahkan dari aktifitas manusia di dunia maya. Setiap kali kita menggunakan layanan internet pasti takkan terlepas dari kegiatan update status, komen status orang lain atau hanya sekadar chatting dengan teman. Belakangan juga muncul situs serupa tapi bentuknya lebih ke mini bloger , itulah Twitter. Namun tahukah kamu tentang kaskus dan koprol ????????

Di Indonesia sendiri dunia maya masih didominasi oleh situs-situs berita seperti vivanews.com, detik.com, antaranews.com, liputan6.com, kompas.com, apindonesia.com dan tempointeraktif.com. Lebih jauh lagi sekarang banyak infotainment menggunakan dunia maya sebagai media penyampaian kepada masyarakat. Lihat saja kapanlagi.com, cumi-cumi.com dan okezone.com. Agaknya masih sangat sedikit orang Indonesia yang mengetahui keberadaan situs-situs jejaring seperti koprol dan kaskus. Mungkin kamu pernah mendengar sedikit tentang kaskus atau mungkin kamu telah menjadi membernya?. Namun bagaimana dengan koprol?????
 
Situs pertama yang akan kita bahas adalah kaskus. Kaskus merupakan salah satu situs komunitas asli buatan Indonesia. Situs yang kini memiliki lebih dari dua juta member ini telah berdiri sejak 6 Nopember 1999. Situs ini memiliki lebih dari 200 ribu postingan tiap harinya. Berawal dari hobi komunitas kecil membuat forum di dunia maya kemudian berkembang sampai saat ini. Kaskus dibuat oleh tiga mahasiswa Seattle University asal Indonesia Andrew Darwis yang kini menjabat sebagai CEO Kaskus, Ronald dan Budi.
Kata kaskus sendiri berasal dari singkatan kasak kusuk atau bergosip. Di sini kita bisa ngomongin semua hal mulai dari film, musik, olahraga, otomotif, games, joke, komputer teknologi, berita dan politik, gaya hidup sampai hal-hal tak tak masuk akal seperti dunia supranatural. Kaskus juga menyediakan fasilitas untuk jual beli barang yang meliputi pemasangan iklan dengan biaya Rp 10.000,00 saja. Terlebih sekarang ada fitur Kaspay, dimana kaskuser bisa langsung membayar secara online.
Kaskus telah menerima banyak penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Penghargaan paling bergengsi diterima kaskus lewat Microsoft Corporation yaitu KASKUS Web Site that recognized as Indonesia Inovative Top Web Site pada tahun 2008 dan The Online Inspiring Award 2009 dari Indosat.





  
Apa itu Koprol? Mungkin di benak kita sedikit terlintas kata Yahoo Koprol yang belakangan sering muncul saat commercial break. Namun jangan salah walaupun ada kata Yahoo tapi Koprol 100% produk lokal buatan anak negeri. Nama Yahoo Koprol sendiri muncul setelah Yahoo mengakuisisi situs Koprol.com pada 25 Mei 2010. Situs yang dibuat pada Juli 2008 ini mengadopsi situs-situs jejaring seperti twitter. Situs ini memang sengaja dibuat dengan konsep mikroblog.
Situs yang resmi diluncurkan bulan Februari 2009 ini mengkhususkan pada teknologi GPS. Namun bagi para pengguna tidak diwajibkan untuk memiliki gadget dengan fasilitas GPS jika ingin mengakses situs ini karena pada dasarnya si pengguna sendirilah yang akan menjadi penunjuk tempat. Koprol akan secara otomatis meng-update lokasi, tempat si pengguna berada. Situs ini juga bisa menampilkan statistik lokasi pengguna lain yang terdekat dengan lokasi kita. Pengguna Koprol juga bisa check-in tempat dengan memilih tempat yang telah disediakan oleh situs ini lewat menu Auto Check-in. 

 Seperti situs-situs jejaring lainnya, Koprol juga menyediakan fasilitas untuk meng-invite teman lewat menu Invite, mengirim pesan dengan Message dan berkomunikasi dengan sesama pengguna Koprol lewat Me and My Friends. Mencari teman dengan menu People Search. Pengguna juga bisa melihat profil-profil teman dengan menu Friends. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan Fitur Ponsel jika ingin mengakses Koprol lewat handphone.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar