Kamis, 27 Juni 2013

CUKUP TAU AJA KAMU ORANG YANG KAYAK APA

pernah denger ungkapan 'menilai seseorang dengan melihat caranya memperlakukan petugas kebersihan, penjaga toko, pelayan kafe . . .' 

entah kebetulan ato gimana akhir-akhir ini jadi sadar begitu pentingnya etika dalam kehidupan sehari-hari ditambah lagi semester ini dapet Pancasila. emang sih ini semua ga terlepas dari jpop juga (loh koq bisa) . . . ga tau juga sih mungkin secara tidak langsung setelah nonton banyak dorama, variety show jepang jadi sadar kalo 'sehentai-hentainya orang jepang ,  mereka masih bisa menghargai hak orang lain. menghargai hak orang lain ga susah-susah amat koq, mulai dari hal sepele aja.

  1. Memberi jalan untuk orang lain lewat
    Misalnya pas kita jalan bareng ma temen, beri jalan buat orang lain lewat. Kasian juga kan kalo tu orang lagi buru2 mo ke WC ato mo ngantri BLSM kuliah, ngantor . . .
  2. Menghargai hak dosen
    ada lagi yang sering aku temuin saat kuliah dimulai,  ya walaupun keliatannya sepele tapi kita bisa dicap buruk ma orang lain kalo sama dosen sendiri aja ga ngehargain.
    • walau pun dia dosen yg ngebosenin  ga kita sukai. minimal cobalah perhatikan saat dia berbicara. 
    • walau pun dia asisten dosen ato dosen seumuran baru, ga berarti kita dihalalkan buat naro kaki diatas kursi.
    • satu lagi mungkin yang masih sering kita lakuin adalah ngerjain tugas makul lain padahal itu bukan jamnya. kata guruku waktu SMP, itu sama aja kita memperkosa mata pelajaran yang diampunya. . . 
  3. Menghargai hak temen kos
    temen kos itu ibarat tetangga kita, saudara terdekat kita karna walo gimana juga kalo ada apa2 pasti yang bkal pertama kali bantuin kita ya temen kos ini. 
    • Nyetel musik jangan keras-keras, kalo pun pengen speaker ga nganggur ya kita liat waktu yg tepat misalnya pas pagi2 skalian buat bangunin anak2.
    • Jam malam itu penting banget selain buat keamanan, karna kebanyakan orang tidur di malam hari jadi itu juga temasuk hak mereka juga kan. hak buat tidur tenang, nah kalo kita masih aja cekikikan malem-malem entah lagi pacaran, kerja kelompok, ato cuma nongkrong2 doank... apalagi kalo yg pertama dan terakhir asli ga penting pake banget.... itu sama aja kita ga ngehargain hak mreka  . . .
  4. Menghargai hak pejalan kaki
    Ini juga yang kadang bikin mangkel, tau sih pejalan kaki itu derajatnya paling rendah di jalan raya tapi bukan berarti para pengendara motor bebas ngrampok trotoar donk. . .emang trotoar punya nenek lu doank (sabar sabar) . .truz juga kalo mo nyebrang harus wajib kudu hati2 walopun udah lampu merah, kenapa? karna banyak pengendara yang ga ngasih kesempatan pejalan kaki buat nyebrang. haduh berasa pengen gulingin bis kota . . .
Ga usahlah ngeluh tentang keadaan negeri ini kalo kita sendiri aja belum pernah bercermin. Mulai sekarang fokus perbaiki kualitas diri kita sendiri dulu salah satunya dengan menghargai hak orang lain . . . oke siph

Tidak ada komentar:

Posting Komentar