Selasa, 11 Juni 2013

PERBEDAAN JPOP DAN KPOP (2)

cekidot
  1. Mini Album dan Single
Kalo di kpop kita mengenal istilah mini album dimana satu album hanya berisi 4-5 lagu. Dalam 4 ato 5 lagu tersebut pasti ada salah satu single hits. Mini album biasanya digunakan untuk mengawali debut seorang idol.
Nah kalo di jpop itu istilahnya single yang isinya 2-4 lagu. Biasanya single ini diluncurkan bersama dengan music video. Nah hebatnya single ini merupakan bagian dari album, jadi selain mereka mendapatkan penghasilan dari album juga dari tiap single yang dikeluarkan.
  1. Original Soundtrack
Kalo KPOP jelas-jelas memisahkan antara album untuk sountrack drama dengan album mereka. Maksudnya lagu yang sudah digunakan untuk soundtrack drama pasti tidak akan dipakai di album mereka sendiri. Sedangkan JPOP, satu lagu bisa dijadikan untuk OST, Single, juga Album jadi mereka ga dua kali kerja tapi pendapatannya bisa berlipat-lipat.
  1. Music Video
Seperti yang kita ketahui kalo KPOP hanya menggarap 1 mv untuk album/mini album mereka, yang diambil dari salah satu hits. Kalo JPOP seperti yang tadi saya bilang, mereka menggarap mv untuk setiap single bisa jadi dalam 1 album ada banyak music videonya. Nah dari sini kelihatan kan kalo jpop lebih banyak penggarapan untuk music video sedangkan kpop lebih produktif di bidang pembuatan lagu.
  1. Album
Nah kesimpulan dari ketiga poin diatas, jika KPOP projek pembuatan album/mini album dalam sekali waktu. Maksudnya mereka mempersiapkan lagu, music video dan koreografi untuk kemudian dituangkan dalam satu album. Sehingga bisa dimaklumi jika rata-rata idol group KPOP hanya bisa comeback setahun sekali.
Bisa dikatakan kalo pembuatan album JPOP itu merupakan hasil kumpulan dari beberapa karya yang dulunya pernah dipublikasikan dengan tambahan beberapa lagu baru.

Kalo menurut aku sendiri sih, kekurangan dari album jpop ya itu bukan suatu surprise lagi karena kita udah tau lagu2 apa saja yg bakalan muncul walau ada juga beberapa lagu baru yang ditambahkan. Kalo kpop, albumnya menjadi rahasia besar sebelum dirilis karena satu lagu pun belum pernah kita dengarkan belum lagi konsep mv yg bakalan ditampilin. Makanya fans kpop antusias banget kalo ada isu comeback idola mereka. Padahal masih isu loch . . .

Satu lagi beda lagu jpop dan kpop itu terletak pada temanya, pasti dah pada bisa nebak dong kalo kebanyakan lagu kpop itu bertemakan cinta, ga percaya? Dengerin deh kayaknya hampir semua lagu kpop itu pasti ada kata ‘sarang’ yg berarti cinta sedangkan lirik lagu jpop jarang ditemui kata ‘suki dan ai”. . .


yang pengen baca part 1 bisa klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar