Jumat, 11 April 2014

SOAL OH SOAL

sharing cerita tentang skripsweet yg sampe sekarang masih bikin stressssssssssssss

Jadi di angkatanku ini PTK menjadi trend topik (?) yg diambil
Walaupun waktu itu ane ngambil karna pertimbangan udah nyerah sama pemrograman.

Dosbing yang bimbing PTK di prodi ane ada 3 yg dianggap berkompeten
Kebetulan ane kebagian dosen yg perfeksionis/detail bersama 10 temen lainnya
Enaknya sih tiap hari bisa ketemu, jadi bisa cepet
Waktu itu aja ane sampe bab 3 cuma dalam 2 bulan.
Itu juga karna beberapa kali dosennya ke luar kota.

Ga enaknya itu harus keluar modal banyak
Tiap bimbingan harus ngeprint ulang
karna salah SATU kata aja harus revisi
Untung masih ada print laser yg selembarnya cuma 100 perak


Bagian paling ga enaknya itu waktu buat instrumen
Serius ini selain nguras tenaga dan pikiran juga nguras kantong
Jadi waktu itu ane disuruh buat 100 soal untuk di ujicoba
Halah halah 1 KD mau dibuat 100 soal itu gimana caranya????
mana mapel yg ane ambil basicnya praktek lagi
Ga ada korelasinya praktek sama jawab 100 soal pilgan
Akhirnya mentok cuma buat 85 soal
itu juga beberapa soal dibolak balik kata2nya :P

Bimbingan instrumen tahap 1:
Ngeprint 10lembar soal
Ditolak gegara belum buat kisi-kisinya
Saking stressnya buat soal sampe ga kepikiran buat kisi2

Tahap 2:
Ngeprint 3 lembar kisi2
Ditolak gegara ga ngerti ranah kognitif-nya (C1-C6)
Tahap 3:
Kembali ngeprint 3 lembar soal
Ditolak gegara soal ga sesuai ranah kognitifnya

Tahap 4:
Ngeprint lagi 10lembar soal
Mungkin karna dah bosen, akhirnya ane langsung disuruh ujicoba soal.

Ujicoba Instrumen
Ini nih yang bikin jatah sebulan ane abis..
Ngeprint 10 lembar soal + dicopy jadi 40 = 400lembar kopian
Ngeprint 1 lembar jawab + dicopy 40x = 41 lembar jawab

Yang bikin ane pengen nyakar tembok
ternyata setelah dicopy 400lembar masih ada beberapa typo
Okelah ane maklumin, tapi ga sampe situ masalahnya
Ternyata setelah ane analisis hasil ujicobanya
Banyak soal yg ga valid dan belum mencapai kriteria yg diinginkan

Kembali ane ngeprint 10 lembar soal
Kali ini ane kopi buat 35 aja karna ane pikir siswanya cuma 33
10 lembar x 35 = 350 lembar + 40 lembar jawab
Dan ternyata pas ane mau mulai ujicoba,
Subjeknya diganti siswa kelas 10 yg jumlahnya 36 WTH
Kurang 1 lembar ane numpang ngopi di TU
Oke masalah ujicoba instrumen udah selese udah di acc
Sekarang mulai tahap awal penelitian yaitu pretest

Kembali ane harus ngeprint+ngopi ratusan lembar
karna dari 85soal itu harus dipilih jadi 50
10lembarx 36 = 360 lembar soal + lembar jawab
Lagi, kesalahan pertama terulang bahkan lebih fatal
Ane ngopi lembar soal yg udah ada kuncinya
Jadi dari ke-5 pilihan jawaban, ada 1 jawaban yg ane samarkan
dan itu udah terlanjur dikopi, 360 lembar
HUAAAAKKKK pengen bakar tu kertas...

Kepalang tanggung(?) 360lembar bro udah 50ribu melayang
Akhirnya ane nekat sebarin tuh soal buat pretest
Walaupun hasilnya udah ane duga,
bakalan ga valid gegara banyak yg jawab bener
ARRRGGGHHHHHHH

Kembali ane ngopi 360lembar soal yg udah ane perbaiki
50ribu melayang lagi, sampe tukang potokopi apal ane
Ini belum sama ongkos bolak balik yg hampir 100rb
HUAAAAA.. BAKA BAKA BAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar