Senin, 19 Desember 2016

GENERASI BACOTZ

Saya pikir saya udah mulai bosen menjalani rutinitas di Pare. Semenjak anak-anak jepang satu per satu pada hengkang ga tau kemana, tinggal dua biji siswa absurd yang masih setia berangkat pukul 8 pagi nyrocos ngomongin masalah politik, sosial, ekonomi, hukum dan keamanan. Iya kamu ga salah baca poleksosbudhankam udah jadi menu sehari-hari yang kita santap saat belajar keiyooshi dan keiyoodoshi. Yah karna sensei kita terlalu tajam dan aktual kalo ngomongin soal isu-isu terkini, jadi materi apapun pasti ujung-ujungnya nyrempet ke Pak Jokowi, mahasiswa, dan Indonesia nusantara tercinta.
Untung wawasan saya di dunia perpolitikan ga cetek-cetek banget, ya walopun ga dalem2 juga sih hahahaha. Kalo kata dosen pancasila sih Mahasiswa itu imagenya orang yang punya wawasan luas walo kenyataanya ga juga siii jadi mau ga mau kalo ditanyain tetengga, pak RT, ato abang2 penjual bakso(?) tentang politik harus bisa nyambung...hohoho malu ga sih udah dicap mahasiswa tapi diajakin diskusi masalah negara masih gagap... iya malu banget apalagi kamu udah lulus s1, nama almamater dan gelar kamu dipertaruhkan.
Dan ini yang saya alamin setiap masuk kelas Jepang pagi. Misal kita lagi bahas contoh2 keiyooshi trus nyusun bunkei (pola kalimat), ga tau gimana ceritanya tiba2 sensei ngasih contoh kalimat dengan subjek pak Jokowi trus ngrembet ke headline sepekan. Jadi waktu itu kita lagi bahas tentang seorang pejabat yang dibully lewat twitter.
Sensei ngasih pendapat ‘generasi jaman sekarang orasinya cuma di dunia maya, ga ada tindakan nyata’
‘iya ga kayak dulu macam jamannya pak Harto, ribuan mahasiswa sampe menuhin gedung DPR buat kudeta beliau’ jawab saya sok tau
‘iya itu ladang orasi mereka bukan twitter ato facebook kayak jaman sekarang’ timpal sensei dengan semangat 45 ‘ga kayak sekarang cuma  bisa koar2 di sosmed’
‘iya sensei generasi jaman sekarang, generasinya afri’ saya cekikikan
Si Afri langsung melotot
‘generasi bacotz’ celetuk sensei.
WHAT THE..... saya dan Afri cuma bisa saling pandang dan nahan tawa. Ini sensei dapet kosakata bacotz darimana ya? Koq kebetulan banget, secara kata itu hanya terbatas buat bahan becandaan anak-anak aja pas di kos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar