Senin, 22 April 2013

Perbedaan JPOP dan KPOP

hadeeeh ini berhubung jadwal smester tua longgarnya udah kyak kolor tetangga, jadi lebih banyak ngabisin waktu di dunia fangirling. skripsi saya gimana skripsi....
ngomongin soal fangirling, pasti ga lepas dari kpop dan jpop yg mulae merajalela. Berhubung dulu saya sudah  menyelami dunia per-hallyu-an ya sedikit banyak tau lah tentang artis2 kpop dan segala macam atribut2nya dan karna kebetulan saya juga baru aja nyebrang/pindah haluan ke jpop jadi sedikit tahu juga tentang jpop walau masih seputar johnny's itupun angkatannya arashi.kanjani8, ikuta toma. sebelumnya saya akan berusaha se-NETRAL mungkin, tidak memihak JPOP atau pun KPOP. Oke langsung aja deh cekidot
  1. Fisik
    Oplas adalah hal biasa di Korea pun di dunia hiburan, biasanya agensi2 musik tidak mempermasalahkan fisik para calon idol karna bisa dipermak. Prioritas mreka dalam mencari bibit2 idol adalah skill. kalo di Jepang, oplas masih jarang dilakukan, ga heran fisik mereka tidak terlalu menonjol dibandingkan kpop.

  2. Vocal
    Kalo di kpop ada lead vocal dan main vocal, di jpop tidak ada pembagian secara spesifik tentang posisi tsb hanya sebatas member yg suaranya paling bagus karna sekarang rata-rata idol group di jepang tidak bisa menyanyi.
     
  3. Dance
    Sama seperti vocal, kemampuan dance jpop merata antar member walau tentu saja ada salah satu yg terbaik.

  4. Member
    Jika kpop mengenal leader,center,magnae,main vocal,main dance, serta visual. Jpop hanya mengenal Riida alias leader. Tidak ada istilah center dan visual, karena setiap member dibebani tugas yg sama untuk menaikkan popularitas mreka masing-masing.
     
  5. Warna Official
    Jika kpop, satu warna mewakili 1 idol tidak begitu dengan jpop. Satu warna mewakili tiap member. Contoh gampangnya, Super Junior punya warna official biru saphire. Kalo di jpop misalnya Arashi, Ohno mewakili warna biru, Sho merah, Nino kuning, Aiba ijo dan Jun ungu.
     
  6. Selain nyanyi
    Jpop terutama johnny's biasanya mengharuskan tiap anak asuhnya jadi aktor slain nyanyi. Biasanya mreka jadi lead role di dorama2 ato film. Menjadi host sebuah variety show sudah menjadi hal lumrah di dunia per-jpop-an (?). Kpop, mungkin hanya beberapa member dari idol group yg jadi aktor/aktris. Biasanya mreka hanya menjadi bintang tamu di sebuah variety show, hanya sedikit yg menjadi host.
  7. Pendidikan
    Rata-rata artis kpop menempuh pendidikan sampai bangku perguruan tinggi, artis Jpop hanya beberapa yang melanjutkan sampai ke tingkat universitas.

    yang pengen baca part 2 bisa klik disini

3 komentar:

  1. ga tau juga sih... tapi kalo menurutku selain untuk pembagian tugas, karna jumlah member di kpop idol itu banyak jadi dibagi per posisi biar orang lebih gampang mengenali tiap membernya...

    main vocal itu posisi untuk member yang suaranya paling bagus
    lead vocal itu posisi untuk member yang kemampuan suaranya masuk kategori rata-rata

    BalasHapus
  2. boy/girl band k-pop ,itu klo udah ada lagu baru pastinya dancenya juga baru ,tapi pas konser mengapa mereka hanya bisa menampilkan 1 atau 2 dance saja dilagunya ,apa mereka sudah lupa dengan dance dilagu mereka yang lama ,plus lypsing lagi ,klo jpop konser pasti dance lengkap semua ,misal mereka bawain 10 lagu ,ya dancenya juga ada 10 macam

    BalasHapus
  3. mereka ga lupa sama dance lagu lama, bahkan mereka ngedance untuk lagu2 di album mereka. Kan biasanya idol kpop itu perform di acara musik cuma untuk 2 single di album dan repackage mereka tapi pas konser kita disuguhin dance2 dari semua lagu di album lama dan baru. kebetulan aku pernah nonton konsernya suju. kalo masalah lypsing, ga semua lagu pas konser mereka lypsing, lagian masak iya nyanyi 30 lagu live semuabelum lagi harus ngedance juga bisa pingsan ditempat itu idol2. ga jpop ga kpop kalo menurutku mereka juga pasti lypsing pas konser tunggal apalagi durasi konsernya sampe 4 jam. Kalo JPOP sama juga kayak konsernya kpop cuma konsep panggung jpop itu amazing bangetlah dibanding panggung konser kpop. aku liat konsep panggungnya Arashi aja sampe mangap2. Kalo menurut aku sih beda konser kpop ma jpop itu di konsep panggungnya. dan dalam hal ini JPOP menang telak terutama konser2nya johnny's.

    BalasHapus