Senin, 27 Juni 2016

PPL JILID 1 (SENGGOL BACOK)

Wew ternyata saya cukup produktif nganggur juga. Terbukti banyak coretan yang berhamburan di buku-buku kosong ga kepake. Salah satunya ini, kisah pas jaman PPL yang saya tulis dengan absurdnya...


Semester tujuh, duh semakin tua aja saya. Oke setelah KKL dan PKL, masih ada 2 program luar kampus lagi yang harus dilakuin. Karena PTIK termasuk prodi pendidikan, otomatis saya harus jalanin praktek ngajar ato bahasa kerennya PPL (Praktek Pengalaman Lapangan). Prodi saya termasuk prodi baru dan angkatan saya merupakan angkatan pertama alias sesepuh. Dan karena angkatan saya  jumlah mahasiswanya paling banyak dibanding prodi lain di fakultas teknik, ploting sekolah pun harus dilalui dengan sangat amat luar biasa ribet. Semua orang pada pengen ngambil sekolah yang deket dengan kampus ato minimal masih di Semarang. Masalahnya angkatan saya ada 5 rombel dan tiap rombel ada lebih dari 40 mahasiswa. Nuansa perebutan sekolah yang letaknya di dalam kota udah mulai tercium bahkan sebelum adanya ploting resmi dari universitas. Kebijakan kaprodi yang malah mementingkan anak-anak yang ngambil skripsi di semester 6 semakin menambah keruh ploting sekolah.

Saya yang dasarnya kelewat nyante dan ga terlalu mikirin dimana nantinya saya praktek ngajar jadi ikutan panik juga. Di saat kebingungan dan ketakutan saya ga bakal dapat jatah sekolah, Sutik, anak cilacap yang serombel dan sering sama saya nawarin buat barengan sekolahnya. Kebetulan kuota tiap sekolah cuma 2 orang di tiap prodi/jurusan. Emang sih saya ga terlalu peduli dimana saya akan ditempatkan tapi tapi tapi ini MAGELANG bro. Saya yang slama ini taunya cuma kota-kota di pantura mendadak blank. Magelang, kota asing bagi saya. Selain jalurnya yang berlawanan arah sama kampung halaman, saya juga ga tau gimana nantinya saya di sana. Belum lagi akomodasi ntar selama di sana. Saat mikirin kegalauan tentang semua hal itu, Sutik alias Etika ngomong alesannya milih SMK di sana. Katanya itu sekolah bekas tempat ibunya ngajar dulu. Dia juga cerita kalo bener saya setuju, ortunya udah nemu tempat kosan buat akomodasi kita slama di sana dan lokasinya di samping sekolah. Intinya dia udah menjamin kalo semuanya udah siap tinggal nunggu keputusan saya aja.

Saya liat daftar plotingan sekolah di semarang banyak tapi ga yakin saya, pasti sekolah-sekolah itu udah banyak peminatnya, males juga kalo harus rebutan sekolah.  Kembali liat list sekolah di Pekalongan, eh ternyata adanya di kota. Sama aja saya harus ngekos, maklum rumah di pelosok. Dan lagi udah bosen bolak-balik pekalongan-semarang-pekalongan. Oke fix, saya ikut Sutik ke Magelang. Sekalian buat pengalaman ngrantau di kota orang selain di semarang.
Ternyata keputusan saya bener, makasih ya Alloh. Kenapa? Karena temen sekamar sekaligus temen SMA, si Lina yang tadinya udah booking sekolah di semarang mendadak kalang kabut karena ternyata sekolah yang dibukingnya tidak ada dalam daftar. FYI aja, daftar PPL udah lewat portal dari situs universitas jadi udah bisa liat semua data sekolah yang disediain kampus. Ternyata eh ternyata setelah dicek jumlah kuota sekolah untuk prodi saya ga ada setengah dari jumlah mahasiswa. WTH, untungnya SMK yang saya buking ada dalam daftar. Namun kemelut ploting sekolah belum berakhir, banyak temen-temen PTIK yang ga dapet sekolah. Setelah kuota disesuaikan dengan jumlah mahasiswa di prodi saya. Akhirnya setelah ada himbauan dari kaprodi untuk memilih sekolah yang ada di daftar, yang tadinya kekeuh milih sekolah di semarang pada pindah keluar kota. Walau dengan perjuangan juga karena mereka malah rebutan sama temen yang udah buking duluan. Akhirnya sistem ‘siapa cepet dia dapet’ pun tak terelakan. Ga peduli udah ada yang buking apa belum, asal sekolahnya masih ada kuota langsung deh dimasukin.

Fiuuuuhhhh, saya yang ga rebutan dari awal tetep gemes juga ngliatin Lina yang tiap ari ngedumel gara-gara ga dapet sekolah di Semarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar